Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat

    Ilustrasi wajah (beautyhealthtips.in)

Jerawat dalam bahasa medis disebut dengan acne vulgaris, yaitu suatu kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat dengan kulit mati dan minyak, yang dapat mengakibatkan peradangan pada kulit kita.

Masalah kulit ini dapat menyebabkan stress emosional dan dapat meninggalkan noda bekas jerawat (flek hitam) pada kulit wajah kita. Oleh karena itu sebaiknya kita segera menanganinya agar kita tidak mengalami risiko dari efek emosional dan fisik tersebut.

Gejala/Tanda-tanda Jerawat

Gejala yang biasanya terjadi yaitu rasa sakit pada daerah kulit yang akan berjerawat, kemudian  timbul benjolan kecil (papul) yang muncul di atas permukaan kulit. Benjolan tersebut biasanya berwarna kemerahan atau kuning (apabila mengandung nanah). Selain itu, ada beberapa  gejala jerawat lainnya, seperti sensasi panas/terbakar akibat adanya peradangan serta timbulnya rasa gatal pada kulit yang akan berjerawat. Ada juga gejala khas dari jerawat yaitu keluarnya komedo, bila berwarna hitam disebut komedo hitam (blackheads). Sedangkan yang berwarna putih disebut komedo putih (whiteheads). Komedo putih letaknya berada di lokasi yang lebih dalam dari komedo hitam.

Faktor Penyebab jerawat

Ada banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya adalah:

-Hormon

Kadar hormon seksual yang dikenal dengan androgen pada tubuh kita meningkat saat pubertas. Hal ini menyebabkan produksi minyak (sebum) yang berlebihan pada kulit kita.

-Riwayat Keluarga

Faktor genetik sangat penting dalam hal ini. Jika orangtua kita mempunyai riwayat memiliki jerawat, maka kita juga akan berisiko memiliki jerawat.

-Stress

Stress tidak menyebabkan jerawat, namun jika kita sedang memiliki jerawat, stress dapat memperparah jerawat.

-Pola Makan Tidak Sehat

Ada beberapa makanan yang wajib kita hindari supaya kulit terbebas dari jerawat, yaitu semua jenis asupan makanan seperti goreng-gorengan, kacang-kacangan serta yang mengandung kadar yodium tinggi.

-Produk Kosmetik

Ketidakcocokan kulit kita pada produk kosmetik tertentu memicu wajah kita berjerawat. Salah satunya adalah produk kosmetik yang mengandung minyak, wajah kita akan berjerawat karena berkontak dengan pelembap atau krim yang mengandung minyak.

-Membersihkan Wajah

Cara membersihkan wajah yang tidak maksimal akan meninggalkan sisa-sisa makeup atau krim yang kita pakai, sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah kita.

Masalah jerawat hampir semua orang pernah mengalaminya dan pasti sangatlah mengganggu penampilan kita, baik wanita maupun pria. Wajah yang bersih dan mulus membuat kita lebih “pede” alias percaya diri. Banyak cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat, dan bahan-bahannya pun mudah kita temukan di sekitar kita.

Berikut ini adalah rangkuman tauaja.com dari berbagai sumber (Minggu, 11/11/2018).

1. Lemon

Ilustrasi lemon (proto.gr)

Buah lemon dipercaya bisa menghilangkan jerawat, bahkan juga noda bekas jerawat (flek hitam) pada wajah kita. Kandungan asam askorbat-L yang ada pada lemon ternyata mampu mengurangi masalah peradangan kulit, selain itu membantu mencerahkan kulit wajah kita sehingga menyamarkan noda bekas jerawat (flek hitam).

Cukup dengan lakukan cara ini:

  1. Potong 1 buah lemon menjadi 2 bagian.
  2. Peras lemon.
  3. Oleskan air perasan lemon ke seluruh bagian wajah, terutama yang berjerawat.
  4. Diamkan 15-20 menit.
  5. Bilas dengan air hangat.

2. Mentimun

Ilustrasi mentimun (nutriliving.com)

Mungkin tidak kita sadari bahwa buah ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit. Mentimun tidak hanya kaya akan antioksidan yang penting untuk kulit, namun juga mineral, asam amino, dan vitamin C. Kandungan yang terdapat dalam mentimun tersebut sangat berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat, serta melembabkan kulit wajah kita.

Langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadikan mentimun sebagai cara menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut:

  1. Iris mentimun tipis-tipis.
  2. Letakkan pada bagian wajah yang berjerawat.
  3. Diamkan 15-20 menit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Untuk hasil yang maksimal, minumlah juga jus mentimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan jus tersebut dapat membersihkan tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

3. Tomat

Ilustrasi tomat (thermofisher.com)

Tomat mudah sekali kita temukan dimana-mana, buah ini sangat kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C yang bisa membasmi jerawat. Sama dengan seperti mentimun, cara mengaplikasinya pun sama.

Caranya yaitu:

  1. Ambil 1 buah tomat yang sudah matang.
  2. Iris tipis-tipis atau diblender.
  3. Oleskan ke seluruh permukaan wajah.
  4. Diamkan selama 15-30 menit.
  5. Bilas wajah menggunakan air hangat.

4. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya (planetorganic.com)

Bahan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat lainnya adalah lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat menghilangkan jerawat. Diantaranya adalah hormon goberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan, mineral, vitamin C, dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

Cara-caranya adalah:

  1. Potong lidah buaya menjadi 2 bagian dan buang bagian yang berduri.
  2. Ambil gel lidah buayanya kemudian masukkan ke dalam wadah.
  3. Haluskan gel lidah buaya tersebut.
  4. Oleskan gelnya pada area kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama 3-5 menit.
  5. Bilas dengan air dingin.

5. Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih (pulse.ng)

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat. Selain itu juga terdapat senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan bawang putih hingga halus. Tambahkan dengan sedikit sari cuka apel untuk hasil yang lebih optimal.
  2. Oleskan hanya pada bagian yang berjerawat.
  3. Diamkan selama beberapa menit.
  4. Bilas dengan air hangat.

6. Madu

Ilustrasi Madu
Ilustrasi madu (pulse.ng)

Dari jaman dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Antiseptik yang terdapat di dalam madu dipercaya mampu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Madu juga memiliki fungsi sebagai probiotik alami. Fungsinya adalah sebagai zat efektif yang tidak hanya mengurangi jerawat tapi juga mencegah timbulnya jerawat baru.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah yaitu:

  1. Siapkan beberapa tetes madu.
  2. Oleskan madu langsung pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
  3. Diamkan selama 45 menit.
  4. Setelah madu mengering dan terasa lengket, bilas dengan air dingin dan keringkan.
  5. Perawatan ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.

7. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Selain itu, putih telur juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab timbulnya jerawat. Putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat menggunakan putih telur ini pun mudah sekali, yaitu:

  1. Ambil sebutir telur, pisahkan kuning dan putihnya. Sisihkan kuningnya.
  2. Kocok putih telur hingga pecah dan mengembang.
  3. Oleskan putih telur tersebut pada wajah, lalu diamkan hingga mengering.
  4. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

8. Pepaya

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat ada banyak sekali pilihannya. Salah satu bahan alami yang bisa kita temukan dengan mudah yaitu buah pepaya. Kandungan di dalam buah pepaya, terdapat enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati pada wajah. Juga terdapat antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit, mengatasi kulit kemerahan dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Cara menggunakannya pun sangat mudah:

  1. Ambil pepaya yang sudah matang dan potong kecil-kecil.
  2. Haluskan pepaya hingga menjadi bubur.
  3. Tambahkan 1 sdm madu atau perasan air lemon jika perlu.
  4. Oleskan pada area wajah yang berjerawat.
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Bilas dengan air hangat.

9. Kulit Jeruk

Selama ini yang kita tahu bahwa jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh, tapi ternyata kulit jeruk pun bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat. Ini disebabkan karena kulit jeruk yang mengandung antioksidan tinggi, flavonoid, vitamin A, dan vitamin C. Maka dari itu kulit jeruk mampu membasmi jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan bahkan menghilangkan noda bekas jerawat (flek hitam).

Begini caranya:

  1. Jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari.
  2. Tumbuk kulit jeruk hingga halus.
  3. Campurkan dengan sedikit air.
  4. Oleskan pada wajah, terutama bagian yang berjerawat.
  5. Diamkan sekitar 15-30 menit.
  6. Bilas wajah menggunakan air hangat.

10. Green Tea

Banyak kandungan yang terdapat dalam green tea atau teh hijau yang bermanfaat untuk kulit kita. Antara lain antioksidan, vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Selain membantu mengatasi jerawat, kandungan dalam green tea tersebut juga meningkatkan regenerasi atau peremajaan sel kulit kita.

Caranya juga sangat mudah:

  1. Masukkan satu kantong teh hijau ke dalam air panas.
  2. Keluarkan kantong teh bersama seluruh cairannya.
  3. Biarkan sampai benar-benar dngin.
  4. Setelah dingin letakkan kantong teh hijau tersebut pada bagian wajah yang berjerawat.
  5. Diamkan sampai 5 menit dan bersihkan.

11. Es Batu

Cara ini adalah cara menghilangkan jerawat yang paling simple, yaitu dengan menggunakan es batu dari air yang steril. Es batu dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang merupakan penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, es batu juga berfungsi untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

Caranya mudah sekali, yaitu:

  1. Pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut steril.
  2. Bungkus es batu secukupnya menggunakan kain yang bersih.
  3. Diamkan pada bagian wajah yang berjerawat selama beberapa detik.
  4. Ulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada bagian yang berjerawat lainnya.

Demikian bahasan tentang jerawat, faktor penyebab, gejala serta cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *